Using CRM Track appropriately

Waktu yang Tepat Menggunakan CRM

Waktu yang tepat manggunakan CRM
Waktu yang tepat manggunakan CRM

Sistem CRM tentunya dapat mendukung kinerja bisnis Anda agar bisa terus berkembang. Karena dengan menggunakan CRM akan sangat membantu bisnis Anda untuk terus berkembang. Namun, meski begitu saat ini masih banyak bisnis yang masih mempertimbangkan banyak hal untuk menggunakan sistem CRM. Mengapa demikian? Akankah dengan mengimplementasikan sistem CRM akan membawa tantangan serius? Jawabannya adalah iya, karena ketika menggunakan sistem CRM maka akan membawa perubahan pada semua operasi. Maka, Perlu memastikan bahwa Anda telah siap untuk menggunakan sistem CRM, untuk mendukung bisnis terus berkembang.

Sampai saat ini juga masih banyak pebisnis mempertanyakan kapan mereka harus menggunakan sistem CRM untuk bisnis mereka. Pertanyaan tersebut sering dipertanyakan karena mereka belum mengetahui banyaknya manfaat yang didapatkan dengan menggunakan sistem CRM dan mereka belum mempercayai kegunaan sistem ini untuk bisnisnya. Banyak juga alasan yang muncul untuk mempertimbangkan menggunakan sistem CRM, diantaranya belum membutuhkan, menambahkan biaya pengeluaran, jangkauan usaha yang masih kecil, dan masih banyak lainnya. Padahal dengan sistem CRM akan sangat membantu bisnis Anda menyelesaikan masalah-masalah dan tantangan yang muncul dalam melakukan aktivitas bisnis. 

Apasih CRM itu?

Apa itu CRM? CRM atau Customer Relationship Management merupakan suatu sistem atau media yang dapat digunakan oleh pebisnis dalam upaya meningkatkan kinerja komunikasi antar tim sales dengan tim marketing, serta komunikasi dengan pihak eksternal seperti pelanggan dan partner. Ketika komunikasi yang dibangun oleh tim manajemen telah baik dan tepat, tentunya penjualan akan terus tumbuh. Jika Anda tidak segera menyiapkan strategi untuk mengimplementasikan sistem CRM, maka Anda akan kehilangan banyak kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis.

CRM (Customer Relationship Management) dapat mengombinasikan kebijakan dan strategi yang ditetapkan perusahaan dalam satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan sekaligus menelusuri informasi pelanggan. CRM adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan antara korporasi dengan pelanggan bisnis. dengan adanya hubungan tersebut, diharapkan terbangun komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berebeda. Pendekatan tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. saat ini, sebagian besar implementasi CRM menggunakan teknologi informasi untuk menarik pelanggan baru hingga mereka tertarik pada perusahaan.

Mengapa CRM penting untuk bisnis Anda?

Sebelum itu, Anda harus mengetahui bagaimana CRM dapat menjadi hal penting dalam berjalannya sebuah bisnis. CRM dapat menjadi bagian penting dalam bisnis Anda ketika Anda mampu mengimplementasikan CRM dengan baik dan maksimal. Ketika Anda berhasil, maka Anda juga akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru ataupun mempertahankan pelanggan yang telah ada. Sistem CRM juga mampu menganalisis kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui informasi yang kita miliki. Dengan begitu Anda bisa memberikan penawaran yang menarik perhatian pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda menjalankan fungsi CRM dengan baik dan benar.

Ditambah sekarang ini persaingan usaha yang semakin ketat dan mengharuskan perusahaan untuk lebih berfokus kepada kebutuhan dan keinginan konsumen. Saat ini, para pebisnis mulai mengubah pola pikir dari orientasi keuntungan ke arah faktor potensial lainnya seperti keinginan konsumen dan tingkat kepuasan pelanggan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan seorang pebisnis. Kondisi persaingan bisnis yang terjadi saat ini juga membuat pelaku usaha diharuskan untuk lebih menyadari dengan tepat target pasar yang dituju dan tingkat kualitas produk dan layanannya. Selain itu, faktor penting yang harus menjadi pertimbangan para pelaku usaha dalam menghadapi persaingan bisnis adalah tingkat value yang mampu Anda berikan kepada pelanggan dan bagaimana cara Anda memperlakukan pelanggan setiap harinya. 

Oleh sebab itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, para pelaku usaha kini diharapkan agar bisa menerapkan sebuah strategi yang lebih baik dengan cara mengimplementasikan sebuah produk teknologi komunikasi informasi yang dapat membantu bisnis menjadi lebih efektif dalam meningkatkan layanan pemasaran dan customer support, serta dapat menunjang pengambilan keputusan yang lebih baik bagi bisnis Anda. Salah satu keunggulan dalam peningkatan layanan ini adalah dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM). CRM dapat menjadi solusi bagi bisnis Anda dengan memberikan gambaran sebuah strategi penempatan pelanggan sebagai pusat proses, aktivitas, dan budaya. Konsep ini telah lama dikenal dan banyak diterapkan untuk meningkatkan layanan di perusahaan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan CRM?

Di dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara Anda mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan sistem CRM pada bisnis. Anda dapat mengetahui saat yang tepat menggunakan sistem CRM ketika Anda menganalisa situasi yang sedang terjadi pada operasional saat ini. Jika beberapa situasi ini mulai muncul pada perusahaan Anda, maka sebaiknya Anda mulai informasi mengenai sistem CRM serta cara implementasinya. Apa saja situasinya? Mari kita pahami hal berikut dengan seksama:

Beberapa situasi yang mengharuskan Anda menggunakan sistem CRM

1. Timbul masalah dalam strategi antara tim penjualan dan tim pemasaran

meningkatkan penjualan pada produk A yang sedang mengalami penurunan penjualan, namun tim pemasaran lebih memilih untuk membuat strategi penjualan terhadap produk B yang dimana dengan mengalami peningkatan karena sedang tren di pasaran. Konflik ini menjadi hal yang bisa berdampak pada perusahaan dimana produk A bisa semakin tidak diminati oleh pelanggan dan bisa jadi produk ini akan gagal di pasaran. Perselisihan pemikiran antara tim penjualan dan tim pemasaran ini tentunya akan sangat berdampak pada perusahaan

2. Kesulitan dalam mengukur dan mengontrol kinerja tim sales perusahaan

Tim sales merupakan salah satu bagian penting dan menjadi kunci kesuksesan dalam perusahaan. Banyak perusahaan yang kesulitan dalam mengukur seberapa baik kinerja tim sales, akibatnya perusahaan sering mengalami penurunan penjualan sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan. Maka Anda perlu mempertimbangkan menggunakan sistem CRM pada perusahaan Anda. Karena sistem CRM dapat memudahkan tim sales untuk mengumpulkan data pelanggan, mulai dari informasi panggilan dan memberikan informasi kepada mereka mengenai detail dan aktivitas yang dilakukan tim sales dengan pelanggan yang dapat dijadikan acuan untuk menerapkan strategi penjualan pada periode berikutnya. Selain dapat dijadikan acuan bagi tim sales, sistem CRM juga dapat mengotomatisasikan tugas administratif tim sales yang dimana aktivitas ini membutuhkan waktu lebih, dengan begitu tim sales akan bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas utama mereka yaitu meningkatkan penjualan.

3. Kesulitan dalam merapihkan data

Perusahaan sebaiknya dapat menyimpan data-data pelanggan dengan baik pada sebuah sistem yang lebih terpusat. Tanpa sistem CRM maka data-data pelanggan yang terlalu banyak akan disimpan pada file konvensional atau hanya pada file digital (spreadsheet). Data akan menjadi berantakan, sehingga perubahan data tidak dilakukan dengan tepat membuat tim sales kesulitan untuk melanjutkan proses. Jika hal ini terus terjadi, maka perusahaan akan kesulitan dalam mengembangkan bisnis. Maka Anda harus mengimplementasikan sistem CRM pada perusahaan, agar data yang dimiliki lebih terpusat.

4. Data pelanggan tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal

Sistem CRM menawarkan tempat penyimpanan secara terpusat mengenai seluruh data pelanggan diantaranya riwayat pembelian, interaksi dan aktivitas terakhir, kebutuhan dari produk atau layanan saat ini, kritik dan saran, dan lainnya. Dengan adanya sistem tersebut tentunya perusahaan juga dapat membangun hubungan dengan pelanggan baru dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang ada melalui mengetahui dan menganalisa trend yang sedang terjadi di pasar dan melacak leads yang ada. Jika Anda tidak menggunakan sistem CRM, maka Anda harus menggunakan cara manual untuk melakukan input data. Ketidakmampuan perusahaan dalam memanfaatkan data pelanggan menjadi tanda bahwa Anda perlu menggunakan sistem CRM.

5. Tidak mampu memberikan layanan proaktif

Layanan proaktif merupakan salah satu layanan dimana perusahaan dapat memberikan tanggapan kepada pelanggan melalui mengetahui seluruh informasi pelanggan dengan berbagai channel, sistem CRM akan mampu memungkinkan tim customer service dalam menyelesaikan masalah dengan pelanggan sebelum mereka menghubungi perusahaan. Jika perusahaan Anda dapat memberikan layanan proaktif, maka Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Layanan proaktif akan berfokus pada persiapan dalam menyelesaikan masalah sehingga akan lebih disukai oleh pelanggan Anda.

6. Tim kerja yang selalu berganti

Setiap anggota atau tim bekerja di perusahaan Anda memiliki hak untuk menetap atau meninggalkan perusahaan. Walaupun Anda selalu menjaga tim Anda melalui memberikan kenyamanan dengan harapan tim Anda tetap bekerja dengan nyaman di perusahaan Anda. Nyatanya, terkadang karyawan tetap memutuskan untuk keluar meninggalkan kantor. Dengan keluarnya tim atau anggota Anda, maka data pelanggan yang mereka miliki berada pada kekuasaan mereka. Hal ini tentu menjadi kerugian bagi perusahaan Anda karena Anda akan kehilangan data pelanggan. Namun jika Anda menggunakan sistem CRM, maka proses dan data tetap dimiliki oleh perusahaan karena akses terhadap sistem CRM hanya bisa diaplikasikan ketika mereka masih menjadi tim Anda, ketika mereka memutuskan keluar maka Anda bisa menghapus akses untuk karyawan tersebut. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan situasi ini.

7. Perusahaan mengalami kesulitan untuk berkembang

Situasi yang banyak terjadi di sebagian besar bisnis adalah mereka kesulitan untuk berkembang, akibatnya perusahaan tidak dapat bersaing di pasaran yang akan menyebabkan mereka tertinggal dengan kompetitor. Ketika mengalami hal tersebut, banyak perusahaan yang tidak mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki situasi ini. Dengan sistem CRM Anda dapat mengatasi banyak masalah yang dapat memajukan bisnis Anda sehingga lebih berkembang.

Setelah membaca paragraf diatas, Anda telah mengetahui beberapa situasi yang mengharuskan Anda menggunakan sistem CRM untuk bisnis Anda

Akan tetapi, ada baiknya untuk menghindari situasi tersebut terjadi di perusahaan Anda dengan menerapkan sistem CRM ketika Anda memulai bisnis, karena dengan membangun bisnis sama halnya Anda membangun hubungan dengan pelanggan yang harus dilayani setiap hari. Dimana Anda akan dihadapkan dengan pelanggan, partner, prospek, dan lainnya yang tertarik dengan bisnis Anda sehingga berpotensi untuk menjadi bagian dari bisnis Anda

Mengapa demikian?

  1. Melihat prospek dan membangun hubungan
    Semua yang tertarik dan memiliki hubungan dengan Anda mulai dari pelanggan, mitra, dan prospek dapat Anda jadikan kontak. Dimana semua data dan informasi yang Anda miliki tentang pelanggan Anda akan tersimpan dan dapat dijadikan informasi penting pada perusahaan dengan membangun hubungan dengan setiap orang yang terlibat dalam perusahaan Anda.
  1. After sales service
    Mendapatkan pelanggan baru bukanlah hal yang mudah. Maka ketika kita telah mendapatkan pelanggan baru penting bagi Anda untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan pengalaman terbaik ketika menggunakan produk atau layanan yang Anda atau tim Anda berikan. Bahkan saat ini banyak pelaku bisnis yang memikirkan bagaimana cara memberikan pelayanan yang terbaik sekaligus memberikan pengalaman yang berbeda untuk pelanggan mereka dalam upaya menjaga hubungan baik dengan pelanggan mereka.
  1. Memantau kinerja penjualan dan menargetkan pendapatan
    Ketika membangun sebuah bisnis, tidak hanya membangun hubungan, namun juga tentang seluruh lingkungan bisnis Anda. Mulai dari melihat peluang mengenai calon pelanggan, memantau kinerja tim penjualan, hingga menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. 
  1. Marketing Campaign
    Ketika Anda berhasil membangun hubungan dengan pelanggan dan telah memiliki data yang berisi informasi tentang pelanggan Anda, maka Anda dapat memanfaatkan data tersebut sebagai keperluan marketing dan program pemasaran bisnis Anda. Dengan membuat program kampanye pemasaran dapat membantu calon pelanggan maupun pelanggan Anda mengenai informasi produk atau jasa yang terbaru.

Banyak pelaku usaha yang hanya berfokus menawarkan produk dan jasa untuk meningkatkan profitabilitas dan tidak memperhatikan hal penting yaitu pelanggan. Padahal, pelanggan adalah bagian terpenting ketika Anda menjalankan sebuah usaha karena pelanggan merupakan sumber keberhasilan sebuah perusahaan. Jika Anda berhasil memberikan pelayanan yang terbaik dan produk yang relevan, akan membuka kesempatan besar bagi perusahaan Anda untuk bisa memaksimalkan customer retention dan customer loyalty yang akan membawa perusahaan Anda pada peningkatan profit. Bahkan ketika Anda memiliki pelanggan setia akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekatnya.

Bagaimana memilih sistem CRM terbaik?

Zaman sekarang ini, telah banyak pilihan aplikasi CRM yang dapat Anda implementasikan dalam bisnis Anda dengan berbagai tawaran menarik mulai dari yang terlengkap hingga termurah. Akan tetapi, sebelum Anda memilih sistem CRM, Anda harus memiliki ide, strategi, dan perencanaan yang baik. Banyak sistem CRM yang menawarkan berbagai fitur, untuk itu Anda harus memilih sistem CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sebagai contoh beberapa kriteria yang dapat dijadikan patokan bagi Anda untuk memilih sistem CRM mulai dari kemudahan untuk digunakan, fleksibel, mudah diintegrasikan, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Peluang dalam mengembangkan bisnis Anda akan selalu ada. akan tetapi tidak bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan pihak lain. Penerapan konsep CRM, memudahkan mendapatkan feedback pelanggan serta melakukan evaluasi perusahaan. dengan terus membawa perkembangan bagi perusahaan Anda

Apakah Anda tertarik menggunakan layanan CRM? Gunakan layanan CRM dari crmtrack.id sekarang juga! Crmtrack.id menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu menambah kinerja tim Anda sekaligus mengoptimalkan bisnis Anda agar bisa terus berkembang. Temukan solusi CRM yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dengan Crmtrack.id. Anda dapat berlangganan sistem CRM dari Crmtrack.id atau coba gratis sekarang!