Strategi Sistem CRM yang dapat kamu gunakan untuk menggunakan untuk Bisnis Anda

Sistem CRM merupakan strategi yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda untk meningkatkan profitabilitas, mengurangi biaya serta meningkatkan loyalitas konsumen melalui pengumpulan seluruh data pelanggan, lalu data tersebut merekam aktivitas sales dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Namun Tahukah kamu terdapat beberapa istilah dalam sistem CRM? istilah tersebut akan kita bahas di bawah.

Dengan melihat aktivitas dari sudut pandang pelanggan, Anda bisa melihat peluang dalam bisnis Anda dalam memberikan pelayanan dan pelangan terbaik kepada pelanggan Anda yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

Hal tersebut tentu dapat membuat pelanggan menghadapi karyawan di berbagai bidang seperti penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggandalam membuat keputusan cepat dan terinformasi terkait dengan penjualan. sehingga peningkatan kualitas komunikasi pelanggan dan kampanye pemasaran.

Definisi CRM

Sistem CRM adalah alat yang tak ternilai yang membantu perusahaan memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Tetapi jika Kamu belum terbiasa dengan perangkat lunak atau CRM secara umum juga bisa menjadi salah satu alat yang paling sulit untuk digunakan. Untuk memahami Sistem CRM adalah memahami istilah-istilah yang sering di gunakan misalkan, Bird view atau 360° customer view, Account, Activity, Report analytic, API, Business Inteligencei atau (BI), Kampanye/campaign, Manajemen kampanye/campaign management, Cloud Based atau web based, Contact management, Custom Fields, Dashboard, Email response management, Ekspor, Impor,  Field, dan lain sebagainya. Tenang, Artikel ini akan membantu Anda. berikut adalah beberapa kata kunci yang paling umum digunakan dalam Sistem CRM.

Beberapa Istilah – istilah dalam Sistem CRM yang harus Kamu Pahami

Terdapat beberapa istilah-istilah dalam Sistem CRM yang dapat kamu ketahui sebelum Anda menggunakan CRM pada bisnis Anda, diantaranya Adalah:

Beberapa Istilah – istilah dalam Sistem CRM yang harus Kamu Pahami

1. Bird View atau 360 ° Customer View

Dengan menggunakan CRM pada bisnis Anda tentunya dapat membantu Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan melalui Bird View atau 360°. Bird View atau 360° customer view yaitu Pandangan komprehensif pelanggan yang mencakup semua titik kontak, komunikasi, kampanye pemasaran, peluang, insiden, riwayat akuisisi, semua aspek lain dari hubungan pelanggan dan lain sebagainya. Singkatnya, pandangan secara detail tentang Pelanggan.
 

2. Account CRM

Yang ke dua Account yaitu catatan individu atau grup untuk setiap pelanggan, perusahaan, organisasi, kontak lainnya dan lain sebagainya.

3. Activity dalam Sistem CRM

lalu Activity yaitu riwayat email, rapat, dan tugas lain yang diambil pada kontak atau akun. Dapat dicatat secara otomatis oleh perangkat lunak atau secara manual oleh agen penjualan. Sehingga dengan CRM, Anda tidak perlu repot untuk mencatat secara manual.

4. Report Analytic

Dan juga Report Analytic adalah Data yang memberikan pandangan dalam bisnis yang lebih dalam untuk membantu Kamu membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih banyak informasi. Analitik pelanggan mencakup tren dan data perilaku untuk membantu bisnis memperoleh dan mempertahankan pelanggan yang menguntungkan, sementara analitik penjualan terdiri dari pipeline, win-loss, analisis finansial dan analisis lainnya dari data penjualan. Analytics juga dapat digunakan untuk segmentasi, kampanye pemasaran, memberikan pandangan untuk perencanaan produk di masa depan, dan banyak lagi.

5. API

API adalah singkatan dari Application Programming Interface, memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan.

6. Business Inteligence (BI)

Selanjutnya Business Inteligencei atau (BI) yaitu sebagai bagian dari analitik. BI terdiri dari laporan, tabel pivot, dasbor, dan alat lain yang diberikan kepada eksekutif, manajer, dan analis untuk membantu mereka membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

7. Kampanye / Campaign dalam CRM

lalu kampanye yaitu kegiatan promosi atau program pemasaran, seperti pemasaran melalui email, pemasaran di media sosial, iklan online, surat langsung, iklan cetak, acara, peluncuran produk dan banyak lagi.

8. Manajemen kampanye / Campaign Management sistem CRM

Istilah umum untuk perencanaan, peluncuran, pemantauan, dan analisis kampanye.

9. Cloud Based atau Web Based

Cloud Based atau Web Based yaitu sistem CRM yang dapat diakses melalui browser web (atau aplikasi seluler) dari perangkat apa pun dengan koneksi internet.

10. Contact Management

Lalu Contact Management adalah Menjaga agar kontak yang ada pada CRM tetap teratur dan terkini, seperti menjaga agar informasi dan aktivitas pelanggan tetap update.

11. Custom Fields

Custom Fields memungkinkan pengguna menambahkan bidang data mereka sendiri sesuai kebutuhan mereka, selain kolom data basic seperti nama, informasi kontak, dan peran.

12. Dashboard

Dashboard adalah fitur Mengacu pada menu navigasi halaman pada Sistem CRM, yang biasanya menampilkan informasi utama dan menu navigasi. Dan ini juga merujuk ke area pada CRM di mana eksekutif, manajer, dan analis dapat melihat metrik analitik, kinerja penjualan, dan data penting lainnya pada CRM.

13. Email Response Management

Email Response Management yaitu memungkinkan pengguna mengatur dan mengirim respons email secara otomatis berdasarkan aturan yang ditentukan sebelumnya. sehingga memudahkan Anda dalam mengelola bisnis Anda.

14. Ekspor

Ekspor adalah konversi data menjadi format file untuk digunakan dalam perangkat lunak lain.

15. Impor sistem CRM

Impor yaitu memuat data ke dalam Aplikasi CRM. Penggunaan yang paling umum adalah mengimpor kontak dari email dan spreadsheet excel.

16. Field sistem CRM

Field yaitu di mana pengguna memasukkan informasi. Kolom standar mencakup nama depan, nama belakang, nomor telepon, alamat email, perusahaan dan jabatan.

17. Forecast / Laporan Perkiraan

Laporan Perkiraan yaitu laporan yang berisi proyeksi penjualan, seperti estimasi laba dan pendapatan. Membantu manajer memonitor jalur penjualan dan memprediksi target penjualan untuk periode waktu tertentu.

18. Calon Pelanggan Potensial atau Leads

Leads atau Calon Pelanggan potensial pada tahap pertama dari jalur penjualan. Leads dapat berasal dari nama yang mendaftar kedalam program pemasaran, orang yang merespons iklan atau kampanye lain, rujukan dari teman, dan sumber lainnya.

19. Manajemen Leads / Leads Nurturing

Manajemen Leads yaitu membantu memanage leads melalui tahap-tahap berikutnya dalam pipa penjualan untuk memastikan mereka tidak lepas begitu saja dan memenuhi persyaratan hingga menjadi pelanggan.

20. On Premise

On premise, yaitu perangkat lunak/Sistem CRM yang diinstal secara lokal di server perusahaan (versus cloud).

21. Oppurtunity

Oppurtunity yaitu mengikuti tahap prospek pipa penjualan. Kontak yang telah melalui penilaian pelanggan, berkualifikasi, dan mempunyai peluang untuk melakukan kesepakatan. Pada tahap ini, sebagian besar detail kesepakatan sudah diketahui dan telah dibahas.

22. User Interface (UI)

User Interface adalah desain keseluruhan perangkat lunak CRM, seperti tata letak dan sistem navigasinya.

23. User Role

User Role adalah Menentukan izin untuk setiap pengguna. Misalnya, peran Admin memberi pengguna akses ke seluruh perangkat lunak, sementara peran Penjualan dan Dukungan, terbatas pada fitur yang terkait dengan fungsi pekerjaan mereka.

24. Workflow

Terakhir yaitu workflow Istilah umum yang merujuk pada otomatisasi tugas CRM sesuai dengan pengaturan oleh penggunanya. 

Pemahaman CRM

Nah itu lah beberapa istilah-istilah CRM yang perlu kamu pahami. Melihat dari poin poin diatas saja kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan bagaimana manfaat Aplikasi CRM. Ingin tahu lebih banyak lagi tentang istilah sistem CRM Berikut ini beberapa artikel yang bisa kamu baca