Jenis Pelanggan

Hubungan Pelanggan dan Layanan Pelanggan ​

Pelanggan (customer) adalah individu atau bisnis yang membeli barang atau jasa perusahaan lain. Jenis Pelanggan penting karena mereka mendorong pendapatan; tanpa mereka, bisnis tidak dapat terus eksis. Pelanggan Anda memiliki kepribadian yang berbeda dan tersebar di berbagai tahap saluran penjualan Anda. Pelanggan menunjukkan kepribadian dan perilaku yang berbeda ketika mereka adalah pelanggan potensial atau bahkan ketika Anda perlu mendukung mereka dalam tahap layanan pelanggan dan kesuksesan pelanggan. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis pelanggan agar Anda bisa lebih dekat dengan pelanggan Anda. Apa saja jenis tersebut? simak dibawah ini:

Jenis Pelanggan: Sebelum Membeli

Ini adalah jenis pelanggan yang berada dalam tahap kesadaran saluran penjualan Anda. Jadi fokus Anda untuk pelanggan semacam itu terutama adalah membuat mereka sadar akan layanan Anda, memenangkan kepercayaan mereka, dan mengarahkan mereka ke pembeli

a. The Lookers

Lookers adalah jenis pelanggan yang hanya menelusuri layanan Anda dan mungkin juga melihat melalui pesaing Anda. Mereka telah menunjukkan minat, tetapi mereka belum memutuskan apa pun. Dengan tipe pelanggan seperti itu, penting untuk menarik perhatian mereka. Bagaimana menarik perhatian mereka?

 b. Discount Customers

Discount Customers merupakan jenis pelanggan yang tertarik pada produk Anda hanya karena Anda menawarkannya dengan harga diskon. Tidak mungkin pelanggan diskon akan mendapatkannya dengan harga biasa. Pelanggan ini mungkin sulit untuk ditangani, tetapi Anda dapat menyimpannya bersama Anda jika Anda menanganinya dengan cara yang benar. Bagaimana melayani mereka?

 c. Researchers

Jenis pelanggan ini telah melakukan riset, membandingkan Anda dengan pesaing Anda, dan mencari opsi terbaik. Bagi researchers, hanya situs web yang menarik atau diskon yang bagus tidak akan berfungsi. Bagaimana menarik perhatian mereka?

 d. Impulse Customers

Impulse Customers belum benar-benar berencana untuk membeli produk Anda, atau produk apa pun dalam hal ini. Mereka membuat keputusan pembelian secara mendadak. Bagaimana melayani mereka?

 e. Unsure Customers

Jenis pelanggan ini mirip dengan orang yang melihat tetapi lebih bingung dan tidak yakin tentang arah mana yang harus dilalui. Bagaimana menghadapi mereka?

 f. Looking-to-Switch Customers

Looking-to-Switch Customers telah berlangganan produk atau layanan serupa tetapi tidak puas dengan mereka. Inilah sebabnya mengapa mereka melihat Anda sebagai alternatif. Kabar baiknya adalah bahwa pelanggan ini siap untuk berbelanja. Yang harus Anda lakukan adalah mendorong mereka ke arah Anda. Bagaimana melayani mereka?

    • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meneliti pesaing Anda. Cari tahu apa yang mereka lewatkan atau di mana mereka tertinggal. Cobalah untuk menutupi kesenjangan ini dengan layanan Anda.
    • Sekali lagi, fokus pada USP dan proposisi nilai Anda. Beri tahu mereka apa yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik. Kenali keberatan dan rintangan mereka dan tawarkan solusi untuk mereka.

Jenis Pelanggan: setelah pembelian

Kategori jenis pelanggan berikutnya yang perlu Anda cari adalah pelanggan yang sudah bergabung dan merupakan kenalan baru untuk merek Anda. Mereka telah melakukan pembelian, jadi sekarang Anda harus fokus untuk mempertahankannya dengan menambahkan nilai maksimal kepada mereka.

a. New Customers

New Customers baru saja melakukan pembelian pertama mereka. Mereka masih mencoba memahami produk Anda dan membutuhkan bimbingan. Ini adalah tahap di mana Anda membuat kesan pertama yang abadi. Bagaimana melayani mereka?

 b. Active customers

Active customers adalah jenis pelanggan, mereka yang secara aktif menggunakan produk atau layanan Anda. Tapi mereka belum menjadi pelanggan setia Anda. Ini berarti, jika ditawari kesepakatan yang lebih baik oleh pesaing Anda, pelanggan aktif kemungkinan besar akan beralih. Oleh karena itu sangat penting untuk memelihara mereka dengan cara yang benar, daripada mengabaikan mereka karena mereka sudah menggunakan produk Anda. Bagaimana melayani mereka?

c. Lapsed Customers

Ada yang tidak beres, dan jenis pelanggan ini sudah meninggalkan Anda meskipun Anda tidak menolak permintaan. Tapi jangan putus asa dulu. Masih ada waktu untuk memperbaiki keadaan dan mendapatkan kembali pelanggan lama Anda. Sekali lagi, menjadi cepat dan proaktif adalah kuncinya di sini. Anda perlu mengidentifikasi pelanggan lama ini sesegera mungkin. Atau mungkin sudah terlambat bagi Anda untuk memenangkannya kembali. Juga, ingat bahwa Anda memiliki keunggulan dibandingkan pesaing Anda di sini. Pelanggan lama Anda sudah mengenal Anda. Dan beralih berarti mereka harus melalui proses orientasi lagi. Inilah sebabnya mengapa Anda harus secara proaktif mengambil langkah-langkah untuk meyakinkan mereka agar membeli dari Anda lagi. Bagaimana melayani mereka?

 d. Unhappy Customers

Klien yang tidak senang adalah yang paling rumit untuk ditangani. jenis pelanggan tersebut telah melakukan pembelian dari Anda tetapi tidak puas dengan merek atau layanan Anda. Anda dapat menemukannya melalui berbagai sinyal seperti keluhan layanan pelanggan, menghentikan perpanjangan otomatis untuk langganan, menurunkan versi paket mereka, atau ulasan/komentar negatif di media sosial.

Tidak melayani pelanggan yang tidak senang pada waktu yang tepat dapat menyebabkan peningkatan tingkat churn atau bahkan reaksi negatif dan publisitas yang buruk. Oleh karena itu, sangat penting untuk menangani pelanggan yang marah dengan cara yang benar. Bagaimana melayani mereka?

e. At-Risk Customers

Pelanggan berisiko mirip dengan pelanggan yang tidak bahagia, tetapi tidak seperti mereka, mereka tidak bahagia. Sebaliknya, pelanggan yang berisiko mungkin telah berhenti menggunakan layanan Anda karena mereka kehilangan minat, memilih pesaing Anda, atau sibuk dengan hal lain. Anda dapat mengidentifikasi pelanggan ini lagi melalui sinyal tertentu. Misalnya, jika sudah lama sejak mereka masuk atau menggunakan layanan Anda menunjukkan bahwa mereka akan churn. Bagaimana menghadapi mereka?

f. Referral Customers

Pelanggan rujukan adalah mereka yang telah dirujuk ke merek Anda oleh salah satu pelanggan setia Anda. Jadi kemungkinan besar mereka hanya tahu sedikit tentang layanan Anda. Juga, pelanggan setia Anda telah meyakinkan pelanggan ini untuk pergi bersama Anda. Jadi harapan mereka mungkin sangat tinggi dengan Anda. Mungkin juga mereka benar-benar tersesat dan tidak tahu arah mana yang harus dituju. Bagaimana menghadapi mereka?

> Sekali lagi, miliki rencana orientasi yang jelas dan komprehensif untuk pelanggan ini. Pastikan Anda memandu mereka selama ini sehingga mereka mengalami proses orientasi yang lancar dengan Anda.

>Pelanggan rujukan mungkin ada di sini karena mereka tertarik dengan beberapa produk atau layanan tertentu yang diceritakan oleh pelanggan setia Anda. Jadi, yang terbaik adalah berinteraksi dengan pelanggan tersebut dan mencari tahu harapan mereka dari Anda

Jenis Pelanggan: loyal

Ada beberapa jenis kepribadian pelanggan lain yang mungkin harus Anda segmentasikan dan tangani secara berbeda.

a. Loyal Customers

Loyal Customers adalah jenis pelanggan terbaik untuk bisnis Anda. Jenis pelanggan berulang terus kembali kepada Anda untuk produk dan layanan yang berbeda dan mereka tampaknya terkesan dengan merek Anda. Selain menjaga mereka bersama Anda untuk waktu yang lebih lama, Anda harus memahami faktor-faktor apa yang membuat mereka setia sejak awal. Bagaimana menghadapi mereka?

B. Lifetime Customers

Lifetime Customers adalah pelanggan setia Anda, tetapi bahkan lebih baik! Mereka telah memilih untuk berlangganan seumur hidup produk atau layanan Anda. Bagaimana menghadapi mereka?

C. Referring Customers
Referring Customers adalah tipe pelanggan yang senang dengan produk atau layanan Anda dan bersedia merujuk Anda ke pelanggan baru. Bagaimana menghadapi mereka?

d. Advokat Customers

Advokat adalah tipe pelanggan yang sejauh ini merupakan klien Anda yang paling menguntungkan. Selain sebagai pelanggan setia atau seumur hidup, mereka juga merupakan pendukung setia merek Anda. Mereka berbicara tentang perusahaan Anda dan layanan Anda di setiap kesempatan yang mereka dapatkan. Dan mereka telah merujuk banyak pelanggan kepada Anda. Bagaimana menghadapi mereka?

CRM-Track dirancang untuk mengoptimalkan manajemen data pencapaian dari suatu perusahaan dengan pengendalian pencapaian prospek yang dilakukan oleh penjualan. CRM-Track yang dikembangkan oleh PT. Zegen Solusi Mandiri memiliki kemampuan yang sangat dinamis dan memiliki fleksibilitas yang baik, sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol data customer dengan mudah. CRM-Track juga memiliki fitur unggulan seperti workflow dan attribute. CRM-Track juga dapat dijalankan di aplikasi mobile dan dapat melacak aktifitas sales secara live sehingga mengurangi kecurangan dalam melakukan tugas diluar kantor.