Jenis-jenis CRM sangat penting kamu ketahui agar Anda bisa menentukan CRM yang tepat bagi bisnis Anda. CRM didefinisikan sebagai manajemen hubungan pelanggan dan merupakan sistem perangkat lunak yang membantu pemilik bisnis memelihara hubungan mereka dengan klien mereka. Jenis CRM juga membantu organisasi, efisiensi, manajemen waktu, dan membuat klien terkesan di setiap langkah. Perangkat lunak CRM telah ada sejak pertengahan 1990-an, tetapi telah menjadi miliknya sendiri selama dekade terakhir. Platform CRM adalah sistem canggih yang menghubungkan semua data dari prospek penjualan dan pelanggan Anda, semuanya di satu tempat. CRM mencatat dan menganalisis semua panggilan, email, dan rapat, membantu meningkatkan layanan pelanggan, mendorong penjualan, dan meningkatkan bisnis.
CRM bagi manajemen pelanggan
Manajemen hubungan pelanggan adalah deskripsi literal tentang apa yang dilakukan CRM, tetapi tiga kata hambar itu tidak menceritakan keseluruhan cerita. Tanpa perangkat lunak yang dirancang untuk membantu tetap mengetahui detailnya, pemilik bisnis dapat berjalan sendiri dengan susah payah untuk mengikutinya. Ini telah dengan kuat menetapkan CRM seperti Keap sebagai yang harus dimiliki oleh pemilik bisnis kecil yang ingin meningkatkan hubungan dengan prospek, klien, dan kontak lainnya.
Saat perusahaan menghasilkan prospek yang berkualitas, CRM melacak tindakan pelanggan potensial melalui media sosial, email, dan saluran situs web. Sistem menyerap informasi sebanyak mungkin tentang prospek sebelum membimbing mereka—atau membantu Anda memandu mereka—melalui perjalanan terencana yang menyentuh semua titik panas.
Sebagai contoh: Misalkan seorang penduduk setempat sedang mencari seseorang untuk mengecat rumahnya. Mereka menghubungi bisnis perombakan dan perbaikan, yang menanyakan alasan pekerjaan cat, anggaran yang direncanakan, dan lokasi pekerjaan. Semua informasi ini masuk ke CRM perusahaan.
Jika calon klien menunjukkan alasan atau waktu tertentu untuk pekerjaan pengecatan dan juga menyebutkan bahwa rumah mereka membutuhkan lebih banyak perbaikan, bisnis melihat peluang penuh untuk penjualan. Ini dapat memicu serangkaian peristiwa, dari email otomatis dengan video yang menampilkan pekerjaan perusahaan hingga panggilan tindak lanjut yang dijadwalkan 48 jam kemudian. Jika CRM menunjukkan bahwa orang tersebut mengunjungi kembali situs web perusahaan, rantai langkah penjualan lainnya mungkin akan dipicu.
Sebaliknya, jika prospek ini menawarkan informasi yang menunjukkan bahwa mereka sekarang sedang mencari cat di toko-toko lokal untuk melakukan pekerjaan itu sendiri, prospek ini mungkin keluar dari corong. Dalam hal ini, CRM akan mengecilkan keunggulan dan mengarahkan waktu tim penjualan ke prospek yang lebih baik pada bisnis Anda.
Pada akhirnya, itulah salah satu manfaat terbesar dari sistem CRM: ini mengarahkan waktu dan upaya perusahaan ke arah yang paling menguntungkan, daripada pendekatan “berbicara dengan semua orang dan berharap yang terbaik”.
Jenis Jenis CRM:
berikut ini jenis-jenis CRM yang perlu Anda ketahui agar bisa diaplikasi kedalam bisnis Anda agar bisa lebih berkembang. apa saja jenis-jenis CRM tersebut?
1. Sistem CRM kolaboratif
Fokus utama sistem CRM kolaboratif adalah memecah silo. Seringkali tim pemasaran, perwakilan penjualan, dan agen dukungan pelanggan semuanya berada di departemen berbeda yang merasa tidak terhubung. Dan untuk bisnis yang lebih besar, masing-masing departemen tersebut selanjutnya dipisahkan berdasarkan faktor-faktor seperti lokasi geografis, saluran yang mereka layani, produk yang mereka fokuskan, atau keahlian khusus. Namun untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus sepanjang perjalanan pelanggan, Anda memerlukan cara untuk berbagi informasi di seluruh organisasi secara real-time.
CRM kolaboratif memastikan semua tim memiliki akses ke data pelanggan terbaru yang sama, terlepas dari departemen atau saluran mana mereka bekerja. Dukungan pelanggan tidak hanya mengumpulkan semua informasi pemasaran dan tim penjualan saat bekerja dengan calon pelanggan, tetapi agen di call center telah memperbarui data tentang interaksi pelanggan yang terjadi melalui email. Integrasi antara departemen dan saluran itu menyelamatkan pelanggan dari pengalaman mengerikan yang berulang setiap kali mereka berbicara dengan kontak baru. Setiap karyawan yang berinteraksi dengan mereka dapat dengan cepat dan mudah menarik catatan semua interaksi masa lalu dengan konsumen untuk berkonsultasi dan mempelajari semua detail yang relevan.
2. Sistem CRM operasional
CRM operasional membantu merampingkan proses bisnis untuk hubungan pelanggan. Mereka menyediakan alat untuk memvisualisasikan bisnis Anda dengan lebih baik dan lebih efisien menangani perjalanan pelanggan penuh—bahkan ketika itu mencakup banyak titik kontak. Itu dimulai dari interaksi pertama mereka dengan situs web perusahaan Anda, melalui seluruh proses manajemen prospek saat mereka bergerak melalui jalur penjualan, dan berlanjut dengan perilaku mereka setelah mereka menjadi pelanggan.
Sistem CRM operasional biasanya menyediakan fitur otomatisasi. Otomatisasi pemasaran, otomatisasi penjualan, dan otomatisasi layanan menurunkan beberapa pekerjaan yang seharusnya ditangani oleh karyawan Anda. Itu membuka jadwal mereka untuk aspek yang lebih kreatif dan pribadi dari pekerjaan mereka—hal-hal yang membutuhkan sentuhan manusia. Dan itu membuat lebih mudah bagi bisnis yang sedang berkembang untuk terus memberikan layanan terbaik untuk skala.
3. Sistem CRM Analitik
CRM Analitik memiliki fokus utama untuk membantu Anda menganalisis data pelanggan yang Anda miliki untuk mendapatkan wawasan penting. Alat dan platform digital kini memudahkan pengumpulan data dalam jumlah besar. Tetapi analisis data—langkah yang diperlukan untuk mengubah data itu menjadi sesuatu yang berguna bagi perusahaan Anda—adalah hal yang sulit. Faktanya, perkiraan menunjukkan bahwa lebih dari setengah data yang dikumpulkan oleh perusahaan tidak pernah digunakan.
Data pelanggan Anda terlalu berharga untuk itu. CRM analitis menyediakan fitur yang membantu Anda menggunakan data yang Anda miliki untuk melihat tren perilaku pelanggan Anda. Dengan informasi tersebut, Anda dapat lebih memahami langkah apa yang paling berhasil menghasilkan penjualan, yang meningkatkan retensi pelanggan, dan apa masalah pelanggan yang paling umum untuk meningkatkan bisnis Anda.
Setelah membaca paragraf diatas, Anda telah mengetahui jenis-jenis CRM yang dapat Anda gunakan kedalam bisnis Anda. jenis-jenis CRM memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda salah satunya adalah bagi manajemen operasional agar proses bisnis Anda lebih terarah. selain itu, jenis-jenis CRM juga dapat membantu Anda dalam menganalisis data pelanggan yang telah ada dan dapat digunakan untuk lebih dekat dengan pelanggan.
Jenis-jenis CRM dalam Teknologi:
setelah Anda mengetahui jenis-jenis CRM secara umum, terdapat juga beberapa jenis teknolpgi CRM yang wajib kamu ketahui. berikut ini jenis-jenis CRM dalam teknologi:
Software CRM
Perangkat lunak CRM khusus mengumpulkan informasi pelanggan di satu tempat untuk memberi bisnis akses mudah ke data, seperti data kontak, riwayat pembelian, dan kontak sebelumnya dengan perwakilan layanan pelanggan. Data ini membantu karyawan berinteraksi dengan klien, mengantisipasi kebutuhan pelanggan, mengenali pembaruan pelanggan, dan melacak sasaran kinerja dalam hal penjualan. Tujuan utama perangkat lunak CRM adalah untuk membuat interaksi lebih efisien dan produktif. Prosedur otomatis dalam modul CRM mencakup pengiriman materi pemasaran tim penjualan berdasarkan pilihan produk atau layanan pelanggan. Program juga menilai kebutuhan pelanggan untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan.
Solusi cloud CRM
Sistem berbasis cloud memberikan data real-time kepada agen penjualan di kantor dan di lapangan selama komputer, smartphone, laptop atau tablet terhubung ke internet. Sistem seperti itu membanggakan aksesibilitas yang lebih tinggi ke informasi pelanggan dan menghilangkan proses instalasi yang terkadang rumit yang terkait dengan produk atau perangkat lunak CRM lainnya. Kenyamanan sistem jenis ini, bagaimanapun, memiliki trade-off. Jika sebuah perusahaan keluar dari bisnis atau menghadapi akuisisi, akses ke informasi pelanggan dapat dikompromikan. Sebuah bisnis mungkin memiliki masalah kompatibilitas ketika dan jika bermigrasi ke vendor yang berbeda untuk jenis perangkat lunak ini. Selain itu, program CRM berbasis cloud biasanya lebih mahal daripada program internal.
Manajemen Manusia CRM dan Kecerdasan Buatan
Semua perangkat lunak komputer di dunia untuk membantu CRM tidak berarti apa-apa tanpa manajemen yang tepat dan pengambilan keputusan dari manusia. Plus, program terbaik mengatur data sedemikian rupa sehingga manusia dapat menafsirkannya dengan mudah dan menggunakannya untuk keuntungan mereka. Untuk CRM yang sukses, perusahaan harus belajar untuk membedakan informasi yang berguna dan data yang berlebihan dan harus menyingkirkan catatan duplikat dan tidak lengkap yang dapat memberikan informasi yang tidak akurat kepada karyawan tentang pelanggan.
Terlepas dari kebutuhan manusia ini, analis industri semakin mendiskusikan dampak aplikasi kecerdasan buatan terhadap manajemen CRM dan pasar CRM dalam waktu dekat. AI diharapkan dapat memperkuat aktivitas CRM dengan mempercepat siklus penjualan, mengoptimalkan harga dan logistik distribusi, menurunkan biaya panggilan dukungan, meningkatkan tingkat resolusi, dan mencegah kerugian melalui deteksi penipuan.
Aplikasi AI nyata untuk CRM, bagaimanapun, berada pada tahap awal adopsi, meskipun Salesforce dan Microsoft telah mulai mengintegrasikan komponen AI ke dalam sistem CRM mereka yang ada.
Sederhana misalnya, sistem CRM menyatukan informasi pelanggan di tempat terpusat sehingga bisnis dapat memanfaatkan teknologi untuk menciptakan hubungan yang berharga.
Beberapa komponen penting dari perangkat lunak CRM tingkat lanjut meliputi:
1. Manajemen Pimpinan
Solusi CRM memastikan bahwa Anda tidak berpindah melalui berbagai media untuk mendapatkan informasi tentang prospek. Mereka menyediakan jendela satu tampilan yang berisi semua informasi prospek penting seperti detail demografis, interaksi sebelumnya, kesehatan kesepakatan, dan skor prospek.
2. Otomatisasi Tugas Pemasaran
Perangkat lunak CRM dapat mengotomatiskan tugas rutin seperti menjadwalkan janji temu, mengirim email, dan menangani tindak lanjut. Ini menghemat waktu yang berharga bagi anggota tim sehingga mereka dapat fokus pada pencapaian tujuan bisnis strategis.
3. Manajemen alur kerja
Dengan perangkat lunak CRM yang tepat, perusahaan dapat merampingkan alur kerja untuk hasil yang lebih baik. Teknologi CRM meningkatkan transparansi, memfasilitasi komunikasi antara anggota tim, dan menyederhanakan operasi.
4. Laporan dan Analisis
Berinvestasi dalam platform CRM otomatis memungkinkan bisnis melacak metrik dan tren bisnis penting. Perangkat lunak CRM menangkap data waktu nyata yang memudahkan pembuatan laporan terperinci untuk analisis parameter kinerja yang mendalam.
5. Manajemen penjualan
Menerapkan teknologi CRM dapat membantu bisnis memantau seluruh siklus hidup penjualan, mulai dari tahap prospek hingga konversi akhir. Itu dapat mengelola perkiraan dan kuota yang mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik dan memberikan wawasan bisnis yang mendalam.
Contoh CRM yang Efektif
1. CRM Penjualan
Sistem CRM Penjualan dirancang dengan tujuan utama menjual produk dan layanan. Mereka fokus untuk menangkap seluruh siklus penjualan dan memiliki fitur canggih untuk mendorong konversi.
2. CRM Operasional
Alat CRM Operasi bertujuan untuk memusatkan interaksi pelanggan dengan tim penjualan dan pemasaran. Ini juga berfokus pada otomatisasi layanan dan menyederhanakan alur kerja dengan mengelola semua titik kontak pelanggan dalam satu platform.
3. CRM All-in-One
Solusi CRM yang terintegrasi penuh menghasilkan satu tampilan pelanggan dalam satu jendela. Ini memberikan akses ke informasi pelanggan secara real-time dan membantu tim untuk melacak prospek, meningkatkan penjualan, dan mengelola operasi meja bantuan secara efektif.
4. CRM Inbound
Solusi CRM masuk dirancang untuk melibatkan dan menarik prospek untuk mengubahnya menjadi pelanggan setia. Ini membantu bisnis melacak prospek berdasarkan sumber dan mengelola berbagai tahapan jalur pipa
Ketika ada beberapa aplikasi CRM di pasar, Anda harus memastikan bahwa Anda memilih perangkat lunak CRM yang memberikan nilai tertinggi untuk bisnis Anda. Cara terbaik untuk melakukan proses ini adalah dengan menyadari dan siap untuk hal-hal yang dapat menggagalkan kemajuan Anda.
Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang harus diperhatikan:
1. Kurangnya visi CRM
Visi CRM adalah rencana tingkat tinggi dari apa yang ingin Anda capai dengan CRM. Visi CRM yang terdefinisi dengan jelas memandu Anda dalam evaluasi dan proses implementasi CRM Anda. Jadi, mintalah visi tersebut didokumentasikan dan kembali ke sana setiap kali Anda merasa proyek keluar jalur.
2. Kurangnya kepemimpinan
adopsi CRM akan meningkat hanya ketika ada kepemimpinan aktif yang mendorong seluruh strategi. Pemimpin harus menunjukkan manfaat CRM kepada tim, membuat rencana pelatihan, menggunakan data CRM untuk membuat keputusan yang lebih baik, dan terbuka untuk mengembangkan strategi CRM.
3. Memilih solusi CRM yang salah dengan harga yang tepat
Jangan pernah memilih CRM hanya karena sesuai dengan anggaran Anda. Menggunakan CRM yang salah dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan dalam hal peluang penjualan yang terlewatkan, klien yang hilang, pesanan yang tidak terpenuhi, atau data yang salah kelola.
4. Menetapkan jadwal implementasi CRM yang tidak realistis
CRM adalah proyek besar dan biasanya diimplementasikan dalam beberapa fase. Berdasarkan ukuran perusahaan Anda dan kompleksitas persyaratan, waktu implementasi CRM dapat berkisar dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Jadi, tetapkan tenggat waktu yang dapat dilakukan dengan mempertimbangkan semua faktor yang mempengaruhi proses implementasi.
5. Meremehkan tantangan adopsi pengguna
Alasan paling umum untuk kegagalan alat CRM adalah adopsi pengguna yang buruk. Jadi, libatkan pengguna CRM di awal proses evaluasi, mungkin sejak masa percobaan gratis, untuk mengukur kemudahan penggunaan dan membuat pelatihan orientasi.
CRM-Track dirancang untuk mengoptimalkan manajemen data pencapaian dari suatu perusahaan dengan pengendalian pencapaian prospek yang dilakukan oleh penjualan. CRM-Track yang dikembangkan oleh PT. Zegen Solusi Mandiri memiliki kemampuan yang sangat dinamis dan memiliki fleksibilitas yang baik, sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol data customer dengan mudah. CRM-Track juga memiliki fitur unggulan seperti workflow dan attribute. CRM-Track juga dapat dijalankan di aplikasi mobile dan dapat melacak aktifitas sales secara live sehingga mengurangi kecurangan dalam melakukan tugas diluar kantor