Logo CRM Indonesia
Bisnis Tanpa Sistem CRM

Kendala dan Tantangan yang dihadapi Bisnis Tanpa Sistem CRM

Dalam memulai sebuah bisnis atau bisnis tanpa sistem CRM, tentunya Anda akan dihadapi dengan berbagai macam tantangan. Hal tersebut adalah hal yang normal dialami dalam setiap proses berjalannya bisnis. saat ini, masih banyak bisnis yang belum menyadari bahwa dengan sistem CRM dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai tantangan sekaligus membantu mereka dalam membantu bisnis untuk berkembang dan terus mengalami kemajuan.

Pada artikel ini akan membahas mengenai kendala dan tantangan apa saja yang akan Anda hadapi jika bisnis tanpa sistem CRM sekaligus memberitahu Anda bahwa sistem CRM dapat membantu dan memudahkan Anda dalam menghadapi tantangan yang akan terjadi seiring dengan berkembangnya perusahaan.

Tantangan-tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnis

Sekarang, mari kita bahas tantangan yang akan dihadapi bagi Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Apa-apa saja hal tersebut? Nah, mari kita simak dibawah ini:

  1. Data pelanggan yang tidak beraturan

    Tim pemasaran Anda mungkin saja memiliki berbagai data atau informasi pelanggan. Namun dengan banyaknya tim pemasaran, mereka akan memiliki data yang berbeda-beda. Akan lebih mudah bagi tim pemasaran jika semua data yang ada disatukan dalam satu tempat sehingga setiap departemen bisa melihat dengan mudah mengenai informasi setiap pelanggan. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan sistem CRM

  2. Memakan banyak waktu untuk melakukan pembaruan data secara manual

    Terdapat banyak aktivitas yang Anda lakukan secara manual sehingga akan menghabiskan begitu banyak waktu untuk menyelesaikan satu pekerjaan. Dengan menggunakan CRM aktivitas tersebut dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sebagai contoh dalam hal membuat formulir kontak dari situs yang Anda miliki dan harus dimasukan secara manual ke dalam database. Dengan menggunakan sistem CRM Anda dapat melakukannya secara otomatis mulai dari menampung data, membuat catatan khusus, hingga mengirim pelanggan berbagai email khusus.

  3. Kesulitan dalam menentukan ROI pemasaran

    Tanpa sistem CRM Anda akan kesulitan dalam menentukan pemasaran, sehingga Anda harus menebak apakah penjualan tersebut bisa dijadikan kampanye pemasaran atau tidak. Sistem CRM dapat membantu Anda dalam menentukan target pemasaran, mulai dari melacak kampanye pemasaran digital, mengikuti prospek kampanye melalui penjualan atau pemasaran untuk dijadikan bahan evaluasi laba

  4. Keterlambatan dalam pengumpulan data untuk laporan

    Dalam mengumpulkan data laporan, Anda akan membutuhkan banyak waktu ditambah jika Anda harus mengambil data dari berbagai sistem internal dan situs web eksternal seperti Google atau sosial media. Ketika menggunakan sistem CRM akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat dan berbagi laporan

  5. Kesulitan dalam mengatur dan memberikan layanan kepada pelanggan

    Anda pasti telah melewati berbagai proses untuk mendapatkan pelanggan. Ketika Anda telah mendapatkan pelanggan, Anda tentunya harus memprioritaskan pelanggan yang telah Anda miliki. Sebagai seorang pelanggan, mereka pasti mengharapkan respon yang cepat ketika mereka menghadapi masalah. Jika tidak, mereka akan segera beralih ke kompetitor yang lebih cepat dalam memberikan respon. Sistem CRM memberikan layanan pelanggan. Ini akan memungkinkan tim layanan pelanggan Anda dalam membantu masalah yang dihadapi pelanggan.

  6. Sulit dalam menambah dan mempertahankan pelanggan

    Ketika Anda terlalu sibuk untuk melakukan aktivitas lain yang dilakukan secara manual, pastinya Anda tidak memiliki waktu untuk menawarkan produk kepada pelanggan baru atau menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada. Ketika Anda menggunakan sistem CRM Anda akan memiliki lebih banyak waktu sekaligus informasi untuk lebih dekat dengan pelanggan sehingga akan berdampak pada kepuasan pelanggan.

  7. Kesulitan untuk melanjutkan pertumbuhan bisnis

    Jika semua staff Anda sibuk untuk melakukan semua kegiatan diatas, tidak memungkinkan bagi mereka untuk memiliki waktu untuk fokus dalam hal pemasaran, meningkatkan kualitas produk, dan memelihara prospek. Padahal hal-hal tersebut sangat penting untuk dilakukan dalam mengembangkan bisnis Anda. Hal utama yang dilakukan jika Anda menggunakan sistem CRM adalah membuat semuanya menjadi lebih tepat, efisien, dan terarah. Sehingga Anda dapat melakukan analisa dan lebih berfokus pada perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja kendala dan tantangan yang akan Anda hadapi dalam proses menjalankan sebuah bisnis. Selanjutnya, Anda harus mengetahui bagaimana menentukan CRM yang tepat untuk keberhasilan bisnis Anda.

Sebelum mengetahui hal tersebut, Anda harus mengetahui mengapa sistem CRM sangatlah penting bagi kemajuan sebuah bisnis? dengan sistem CRM dapat membantu Anda dalam menjalin relasi dengan pelanggan Anda yang nantinya akan membangun loyalitas dan retensi pelanggan. Karena semakin banyak pelanggan yang setia, maka akan semakin banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh Perusahaan.

Langkah-langkah keberhasilan CRM

Pentingnya sistem CRM bagi perusahaan, maka penting juga bagi Anda dalam menyusun atau mengetahui langkah yang tepat dalam memastikan CRM dapat dengan tepat dan memberikan manfaat secara maksimal. Dibawah ini terdapat langkah-langkah yang harus Anda perhatikan dalam keberhasilan CRM:

  1. Lebih mengenal konsep penjualan dan pemasaran bisnis Anda

    Sistem CRM adalah sebuah alat untuk otomatisasi, maka Anda tidak dapat mengotomatisasikan proses yang tidak memiliki alur kerja yang jelas. Akibatnya, sistem CRM tidak akan berjalan dengan optimal. Maka sebelum memilih sistem CRM harus ada kesepakatan terlebih dahulu mengenai alur proses penjualan dan pemasaran.

  2. Memilih sistem yang tepat

    Implementasi CRM seringkali gagal berfungsi dengan baik, hal ini sering terjadi karena tidak memperhatikan pemilihan sistem yang tepat. Kebanyakan perusahaan memilih sistem yang over engineered namun tidak bisa menggunakan dengan baik sehingga mereka kecewa dengan hasil akhirnya. Saat ini sistem CRM sangat fleksibel, mudah di konfigurasi, dan ramah seluler. Sebelum Anda benar-benar membuat pilihan, penting bagi Anda untuk mencari tahu referensi ke perusahaan yang telah berhasil menerapkan sistem CRM.

  3. Mempertimbangkan untuk menciptakan solusi end-to-end

    Teknologi yang semakin canggih dan berkembang, membuat semakin banyaknya sistem pendukung yang dapat diintegrasikan dengan sistem CRM. Saat ini Anda dapat menggabungkan antara manajemen proyek, alat kolaborasi, konferensi web, metode pemasaran email, dan aktivitas pekerjaan lain ke dalam satu sistem. Anda dapat memilih sistem ini ketika Anda membutuhkan proses otomatisasi yang lengkap untuk perusahaan, bukan hanya penjualan, pemasaran, atau layanan pelanggan. Maka efektivitasnya pun akan terasa.

  4. Dapatkan feedback

    Kegagalan dalam menggunakan sistem CRM seringkali terjadi akibat dari pengguna sistem CRM yang tidak dapat secara aktif berpartisipasi dalam mengembangkan solusi yang akan membantu pekerjaan mereka. Pembentukan tim internal yang terlibat dalam proses dari awal hingga akhir sangat penting terutama ketika sistem CRM dalam masa pengujian efektivitas.

  5. Mengembangkan perencanaan secara terstruktur

    Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan dalam menerapkan sistem CRM di suatu perusahaan adalah dengan membuat perencanaan yang matang dan terstruktur. Sistem CRM akan memberikan informasi yang dapat dibutuhkan oleh tim penjualan, yang artinya dapat memberikan manfaat efisiensi waktu untuk salah satu bagian dari perusahaan. untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan harus menyiapkan tim internal dan eksternal yang benar-benar dapat diandalkan dalam bagian implementasi.

Keuntungan CRM untuk bisnis

Seperti yang sudah Anda ketahui diatas ada beberapa kendala dan tantangan yang muncul apabila bisnis Anda tidak menggunakan sistem CRM sekaligus mengetahui langkah apa saja yang harus Anda ambil dalam memilih sistem CRM. Dari kendala tersebut akan menghambat proses pertumbuhan bisnis Anda, padahal dengan menggunakan sistem CRM akan menjadi solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi dan akan membantu bisnis Anda semakin berkembang lebih baik. Jika Anda sudah mengetahui kendala dan tantangan yang dihadapi. selanjutnya ada beberapa manfaat untuk bisnis Anda jika sudah menggunakan sistem CRM, diantaranya :

  1. Mempunyai hubungan yang baik dengan pelanggan

    Semua data pelanggan dari proses awal mengunjungi situs sampai menjadi pelanggan akan tercatat dalam sistem CRM. Dari sini kita akan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan yang nantinya akan membuat Anda dapat memberikan experience yang menarik agar bisnis kita dapat berinteraksi dengan baik dengan pelanggan. Dengan adanya hal ini, pelanggan akan merasa bahwa Anda peduli dengan mereka sehingga Anda akan membentuk hubungan yang erat sebagai pelanggan. Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan calon pelanggan baru.

  2. Meningkatnya efisiensi

    Salah satu keuntungan dari menggunakan sistem CRM akan meningkatkan efisiensi. Ini merupakan manfaat utama yang akan dapatkan jika menggunakan CRM.Dari peningkatan efisiensi akan menjadi salah satu sumber keberhasilan bisnis Anda. Karena dengan menggunakan sistem CRM kita mempunyai data di satu tempat. Dengan ini Anda akan menghemat waktu untuk mengelola semua alur pekerjaan dalam satu tempat. Apabila misalnya jika data perusahaan terbagi di beberapa sistem, tentunya karyawan akan perlu mencari di berbagai desktop sehingga itu akan membuat waktu terbuang lebih banyak dibandingkan jika hanya perlu mencari di satu sistem.

  3. Keamanan data

    Pastinya Anda mempunyai informasi di server perusahaan atau disimpan di beberapa desktop perusahaan, tentunya hal tersebut membuat data informasi perusahaan Anda tidak aman. Dengan Anda menggunakan sistem CRM akan memudahkan Anda untuk menyimpan semua data Anda dalam satu sistem dan dapat mengatur siapa saja yang bisa mengakses sistem tersebut. Jadi, Anda harus memastikan siapa saja yang berwenang untuk membuka akses agar tidak disalah gunakan. Dengan menggunakan sistem CRM waktu Anda menjadi lebih efisien untuk memantau keamanan data dalam satu sistem dibandingkan dengan memantau data yang tersebar di banyak sistem.

  4. Komunikasi yang baik dalam tim

    Dengan menggunakan sistem CRM, semua data orang yang bekerja di perusahaan Anda akan lebih transparansi dengan lengkap. Semua aktifitas pekerja yang berkomunikasi dengan klien akan masuk ke dalam sistem CRM. Anda juga dapat mengawasi pekerja yang sedang mengerjakan tugas apa saja secara detail. Karena sistem CRM akan transparansi dengan sangat jelas dan tidak ada yang tertinggal. Pastinya operasi dalam bisnis Anda menjadi lebih efisien dan juga dapat menciptakan komunikasi yang lebih baik antar karyawan, berkontribusi bersama lebih efektif. Dari sini kita juga dapat mengevaluasi karyawan jika terjadi kesalahan agar dapat menemukan solusi yang baik.

  5. Peningkatan layanan customer service

    Sebagai pelanggan pastinya Anda ingin mendapatkan pelayanan customer service yang baik. Beberapa customer service cukup banyak yang tidak punya pengetahuan yang sama terhadap kebutuhan pelanggan. Jika hal itu terjadi, akan membuat pelanggan menjadi tidak nyaman dan merasa kecewa atas pelayanan dan bisa menimbulkan kerugian seperti kehilangan pelanggan. Dengan menggunakan sistem CRM akan membuat semua karyawan termasuk customer service mempunyai pengetahuan yang sama untuk kebutuhan pelanggan secara spesifik. Fitur yang terdapat pada CRM akan memberikan informasi data pelanggan yang perlu diketahui dalam satu tampilan dan lengkap. Dengan mempunya customer service yang baik juga akan membantu mendapatkan kepuasan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

  6. Mendapat wawasan baru dari business data

    Semua aktifitas yang terjadi dalam bisnis Anda akan terlacak oleh sistem CRM Anda. Semua data pelanggan, karyawan, prospek potensial, dan penjualan akan terlacak secara detail. Dari sini Anda dapat menambah wawasan karena saat anda menganalisis akan mengetahui apa yang berhasil maupun yang gagal dan menemukan solusi-solusi yang baik.

  7. Waktu proses closing deals tim penjualan akan lebih cepat

    Proses closing deals CRM akan lebih cepat dengan bantuan sistem CRM karena akan memberikan informasi dan respon yang lebih cepat sehingga akan lebih efisien untuk calon pelanggan. Dengan respon yang cepat dan tepat akan membuat pelanggan yakin saat membeli produk Anda. Sebagai pelanggan akan merasa senang jika mendapat respon yang cepat pada saat pembelian.

  8. Efektivitas kerja meningkat

    Sistem CRM akan membantu Anda untuk menjadwalkan dan mengatur meeting, contact, customer service, dan marketing strategy. Pastinya dengan ini dapat mempersingkat waktu Anda agar menjadi lebih cepat selesai. Software CRM akan membantu Anda menemukan informasi dengan cepat dibandingkan mencari informasi secara manual hal ini akan jauh lebih efektif. Sistem CRM juga akan membantu Anda untuk membuat workflow proses bisnis Anda seperti memberikan reminder jadwal meeting, menyinkronkan data data.

  9. Pendapatan perusahaan meningkat

    Perusahaan dapat melakukan dorongan yang biasa disebut upselling dan cross selling. Jika melakukan hal tersebut disaat yang tepat akan meningkat keberhasilan yang cukup tinggi sehingga perusahaan dapat meningkatkan pendapatan melalui peningkatan dari layanan dan kualitas yang sesuai dibutuhkan oleh pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan CRM juga bisa mendapat konsumen baru yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Dengan menerapkan CRM Anda juga bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan, meningkatkan operasional agar lebih efisien, serta meningkatkan pendapatan.

Dari yang kita sudah lihat beberapa kendala dan tantangan yang ada di atas yang mungkin bisa terjadi setiap hari bahkan sampai tahunan yang membuat Anda mungkin bisa mendapatkan kerugian yang cukup banyak. Untuk itu, Anda memerlukan sistem CRM agar mendapatkan banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Karena semua kendala dan tantangan tersebut dapat teratasi jika Anda menggunakan sistem CRM. CRM akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda sehingga tidak akan terjadi hambatan dalam proses bisnis. Anda juga perlu memahami mengapa bisnis Anda memerlukan CRM. Anda juga dapat berkonsultasi dengan spesialis CRM untuk mengetahui kebutuhan bisnis Anda karena mereka akan merekomendasikan fitur-fitur CRM yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Itulah, beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika menggunakan CRM jika diimplementasikan ke dalam bisnis anda.

Crmtrack.id menawarkan berbagai sistem CRM yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang Anda hadapi dalam melakukan proses bisnis dan sistem CRM dari Crmtrack.id dapat membantu Anda dalam menyelesaikan solusi yang akan memajukan bisnis Anda.

Products

Company

Connect with us

Whatsapp
twitter
tiktok
instagram
facebook
logo crm
logo zegen
Copyright © 2021 All Rights Reserved