Logo CRM Indonesia

Alasan Mengapa Pentingnya Menggunakan Sales CRM

Sales CRM adalah mengelola semua titik kontak dengan prospek atau pelanggan selama proses penjualan. Kini banyak perusahaan yang sudah maju dengan berbagai macam produk, layanan dan jasa. Mereka saling bersaing dengan para competitor dengan  menningkatkan kualitas produk dan layanan guna mendapatkan pelanggan setia. Berbabagai macam pemasaran digunakan perusahaan seperti melalui media sosial, iklan, koran, majalah dll. Dari banyaknya macam pemasaran ada yang berhasil menarik perhatian pelanggan, dan ada juga yang masih belum berhasil. Mereka berlomba-loba untuk menaikkan nama bisnis yang sudah dibuat agar viral dan menjadi trending. Hal itu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak untuk setiap perusahaan.

Dalam penjualan suatu produk atau layanan tentu prosesnya tidak mudah untuk menarik perhatian pelanggan, apalagi bagi yang mempunyai competitor karena mereka harus bersaing untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Kita perlu memantau penjualan agar menarik minat masyarakat untuk melihat produk kita dan juga harus dapat membandingkan bagaimana cara competitor memasarkan produknya. Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah strategi bisnis yang digunakan perusahaan untuk memajukan kinerja bisnis perusahaan. Strategi ini sangat membantu kita untuk meningkatkan pengelolaan hubungan antar perusahaan atau organisasi kepada pelayanan dan kepuasan pelanggan agar pelanggan tetap bertahan pada produk atau layanan kita serta mendapatkan pelanggan baru yang berminat dengan produk yang kita jual.

Definisi Sales CRM

Sales CRM adalah alat untuk mengelola semua titik kontak dengan prospek atau pelanggan selama proses penjualan. Titik kontak dapat berupa interaksi apa pun—baik langsung maupun tidak langsung—antara perwakilan penjualan dan prospek mereka. Alat ini melacak komunikasi dengan prospek, mengatur data pelanggan secara otomatis, mengirimkan pengingat untuk menindaklanjuti prospek. Pada dasarnya, sistem perangkat lunak sales CRM menyederhanakan proses pemeliharaan prospek. Baik tugas administratif dan organisasi data diotomatisasi, sehingga dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk entri data dan lebih fokus untuk membangun hubungan yang bermakna dengan prospek.

Sentralisasi operasi penjualan

Sales CRM dirancang sebagai solusi satu atap untuk alur kerja harian. Mereka dapat berintegrasi dengan alat dan saluran komunikasi yang sudah ada, membuatnya mudah untuk mengelola semua tugas dari satu platform terpadu. Pemusatan data ini menciptakan satu sumber kebenaran di seluruh organisasi. Tenaga penjualan dapat dengan mudah menemukan informasi paling akurat dan terkini yang diperlukan untuk menindaklanjuti dengan benar prospek atau menutup penjualan. Dan mereka dapat terlibat dengan prospek di semua saluran komunikasi, seperti email, telepon, atau kotak obrolan situs web—tanpa harus beralih di antara aplikasi atau tab browser.

Tingkatkan akurasi data pelanggan

Entri data manual rentan terhadap kesalahan manusia. CRM Penjualan meminimalkan kesalahan data dengan secara otomatis merekam tindakan apa pun yang dilakukan perwakilan dalam aplikasi, seperti memulai panggilan penjualan atau mengirim email tindak lanjut. Dengan Zendesk Sell, tindakan tersebut ditampilkan dalam umpan aktivitas waktu nyata dan kartu kontak individu. Jika mencari informasi spesifik mengenai prospek atau acara, dapat dengan mudah memfilter umpan menurut jenis aktivitas atau pengguna.

Banyak sales CRM dilengkapi dengan alat pengayaan data, seperti Jangkauan Jual Zendesk. Alat ini menggunakan database online untuk secara otomatis mengisi informasi terperinci ke dalam kartu kontak prospek. Ini tidak hanya mengurangi kemungkinan repetisi memperoleh data yang salah, tetapi juga secara drastis mengurangi waktu yang dihabiskan untuk meneliti prospek. Sales CRM tidak hanya membuat informasi prospek yang akurat dan mendetail menjadi lebih mudah diakses.

Identifikasi hambatan dalam proses penjualan

Bagi perusahaan yang tidak menggunakan CRM penjualan, menganalisis masalah kinerja bisa menjadi tantangan nyata. Mereka harus mengkompilasi sejumlah besar data ke dalam spreadsheet dan bergulat dengan rumus Excel hanya untuk memahami semuanya. Manfaat CRM penjualan adalah dapat menangani analisis data perusahaan. Informasi pelanggan secara otomatis dikompilasi menjadi “laporan cerdas” real-time untuk memberikan wawasan tentang bagaimana departemen penjualan berfungsi secara keseluruhan.

Untuk pemilik usaha kecil, menjalankan situs web mereka sendiri, perangkat lunak CMS (sistem manajemen konten) yang ramah SEO adalah suatu keharusan. CMS yang baik memungkinkan kita mengelola halaman dan posting situs web dengan mulus tanpa menulis kode apa pun, menjadikannya tambahan yang berharga untuk perangkat bisnis online apa pun.

CMS (Content management system)

Banyak singkatan yang dibuang di dunia pemasaran. SEO, CMS, KPI, CRM, SERP. CMS memungkinkan pengguna membuat, memodifikasi, dan mengelola situs web, dan konten di dalam situs web itu, tanpa perlu membuat kode secara manual. Perangkat lunak CMS secara drastis mengurangi waktu dan pengetahuan teknis yang diperlukan untuk membangun situs web yang solid, sehingga menjadi bagian penting dari peluncuran bisnis online.

Berikut adalah dua jenis program CMS: host dan self-host. Program yang di-host di-host di server perusahaan lain, dan pemeliharaan situs termasuk dalam biaya yang sudah dibayar untuk perangkat lunak. Program yang dihosting sendiri memiliki lebih banyak fleksibilitas, tetapi mungkin perlu bekerja sama dengan pengembang web untuk memaksimalkannya.

Di bawah ini program CMS yang ramah SEO harus memiliki fitur berikut:

Platform CMS yang ramah SEO

WordPress

CMS hampir familiar pada kebanyak orang saat ini, WordPress lebih kompleks untuk digunakan tetapi memiliki alat SEO yang sangat bagus. Plugin seperti Yoast SEO menganalisis konten, tag, dan deskripsi meta untuk keterbacaan dan peringkat. Antarmuka juga membuatnya sangat mudah untuk menambahkan elemen multimedia seperti gambar dan video ke postingan. Berbagai macam plugin berarti dapat menyesuaikan WordPress hampir tanpa henti tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Magento

Platform eCommerce open-source Adobe adalah opsi CMS lainnya yang memungkinkan pengguna mengelola semua elemen situs web mereka dari satu tempat. Magento hadir dalam dua versi — versi open source gratis dan opsi berbayar. Magento hadir dengan banyak fitur standar ramah SEO termasuk URL bersih tanpa banyak kode, file robots.txt untuk crawler untuk membaca situs, kemampuan penandaan, dan lain-lain.

Pentingnya Menggunakan Sales CRM

Sales CRM adalah suatu bagian yang sangat penting dalam bagian penjualan. Oleh karena itu, dengan menerapkan strategi CRM yang baik akan mendorong pula kinerja perusahaan. Adapun terdapat beberapa faktor mengapa penggunaan Sales CRM ini perlu dilakukan, pastinya faktor-faktor tersebut yang membuat terhambatnya perkembangan bisnis di perusahaan. Jika terhambatnya perkambangan bisnis akan menimbulkan tidak ada peningkatan dipenjualan dan juga menyebabkan kerugian. Faktor-faktor tersebut yaitu :

– Visibilitas data yang rendah.

– Kesulitan mencari data customer.

– Proses penjualan yang tidak teratur sehingga prioritas aktivitas penjualan menjadi kacau.

– Sulit menemukan pelanggan baru.

– Dll.

Namun dengan penggunaannya sales CRM tentunya akan lebih menguntungkan dan juga mempermudah perusahaan agar bisnisnya terhindar dari hambatan-hamabatan tersebut. Karena sales CRM akan membantu kita selama proses penjualan berlangsung. Ada beberapa alasan mengapa sales memerlukan CRM dalam penjualan produk atau layanan, diantaranya :

Tentunya selama bisnis berjalan akan sangat banyak competitor yang berlomba-lomba ingin menjadi yang terbaik untuk menunjukan kelebihan yang mereka punya agar dapat menarik perhatian para pelanggan. Hal tersebut tidak dapat dihindari oleh para pembisnis, karena ketika seorang pembisnis tidak memiliki cara untuk menunjukan kelebihannya dalam menarik pelanggan, maka bisnis yang dijalankan tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Oleh karena itu Sales CRM memiliki peran penting untuk dapat digunakan dalam keperluan bisnis kita. Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan didapat jika sudah menggunakan CRM. Selain menggunakan CRM yang baik, kita juga perlu meriset CRM yang terpercaya dan aman. Semua pilihan tergantung sesuai dengan keperluan bisnis yang diinginkan agar hasilnya juga memuaskan.

Products

Company

Connect with us

Whatsapp
twitter
tiktok
instagram
facebook
logo crm
logo zegen
Copyright © 2021 All Rights Reserved