Pentingnya Menggunakan Sales CRM
Pentingnya Sales menggunakan CRM ada beberapa Alasan mengapa pentingnya menggunakan CRM. Kini banyak perusahaan yang sudah maju dengan berbagai macam produk, layanan dan jasa. Mereka saling bersaing dengan para competitor dengan menningkatkan kualitas produk dan layanan guna mendapatkan pelanggan setia. Berbabagai macam pemasaran digunakan perusahaan seperti melalui media sosial, iklan, koran, majalah dll. Dari banyaknya macam pemasaran ada yang berhasil menarik perhatian pelanggan, dan ada juga yang masih belum berhasil. Mereka berlomba-loba untuk menaikkan nama bisnis yang sudah dibuat agar viral dan menjadi trending. Hal itu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak untuk setiap perusahaan.
Dalam penjualan suatu produk atau layanan tentu prosesnya tidak mudah untuk menarik perhatian pelanggan, apalagi bagi yang mempunyai competitor karena mereka harus bersaing untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Kita perlu memantau penjualan agar menarik minat masyarakat untuk melihat produk kita dan juga harus dapat membandingkan bagaimana cara competitor memasarkan produknya. Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah strategi bisnis yang digunakan perusahaan untuk memajukan kinerja bisnis perusahaan. Strategi ini sangat membantu kita untuk meningkatkan pengelolaan hubungan antar perusahaan atau organisasi kepada pelayanan dan kepuasan pelanggan agar pelanggan tetap bertahan pada produk atau layanan kita serta mendapatkan pelanggan baru yang berminat dengan produk yang kita jual.
Definisi Sales CRM
Sales CRM adalah alat untuk mengelola semua titik kontak dengan prospek atau pelanggan selama proses penjualan. Titik kontak dapat berupa interaksi apa pun—baik langsung maupun tidak langsung—antara perwakilan penjualan dan prospek mereka. Alat ini melacak komunikasi dengan prospek, mengatur data pelanggan secara otomatis, mengirimkan pengingat untuk menindaklanjuti prospek. Pada dasarnya, sistem perangkat lunak sales CRM menyederhanakan proses pemeliharaan prospek. Baik tugas administratif dan organisasi data diotomatisasi, sehingga dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk entri data dan lebih fokus untuk membangun hubungan yang bermakna dengan prospek.
Sentralisasi operasi penjualan
Sales CRM dirancang sebagai solusi satu atap untuk alur kerja harian. Mereka dapat berintegrasi dengan alat dan saluran komunikasi yang sudah ada, membuatnya mudah untuk mengelola semua tugas dari satu platform terpadu. Pemusatan data ini menciptakan satu sumber kebenaran di seluruh organisasi. Tenaga penjualan dapat dengan mudah menemukan informasi paling akurat dan terkini yang diperlukan untuk menindaklanjuti dengan benar prospek atau menutup penjualan. Dan mereka dapat terlibat dengan prospek di semua saluran komunikasi, seperti email, telepon, atau kotak obrolan situs web—tanpa harus beralih di antara aplikasi atau tab browser.
Tingkatkan akurasi data pelanggan
Entri data manual rentan terhadap kesalahan manusia. CRM Penjualan meminimalkan kesalahan data dengan secara otomatis merekam tindakan apa pun yang dilakukan perwakilan dalam aplikasi, seperti memulai panggilan penjualan atau mengirim email tindak lanjut. Dengan Zendesk Sell, tindakan tersebut ditampilkan dalam umpan aktivitas waktu nyata dan kartu kontak individu. Jika mencari informasi spesifik mengenai prospek atau acara, dapat dengan mudah memfilter umpan menurut jenis aktivitas atau pengguna.
Banyak sales CRM dilengkapi dengan alat pengayaan data, seperti Jangkauan Jual Zendesk. Alat ini menggunakan database online untuk secara otomatis mengisi informasi terperinci ke dalam kartu kontak prospek. Ini tidak hanya mengurangi kemungkinan repetisi memperoleh data yang salah, tetapi juga secara drastis mengurangi waktu yang dihabiskan untuk meneliti prospek. Sales CRM tidak hanya membuat informasi prospek yang akurat dan mendetail menjadi lebih mudah diakses.
Identifikasi hambatan dalam proses penjualan
Bagi perusahaan yang tidak menggunakan CRM penjualan, menganalisis masalah kinerja bisa menjadi tantangan nyata. Mereka harus mengkompilasi sejumlah besar data ke dalam spreadsheet dan bergulat dengan rumus Excel hanya untuk memahami semuanya. Manfaat CRM penjualan adalah dapat menangani analisis data perusahaan. Informasi pelanggan secara otomatis dikompilasi menjadi “laporan cerdas” real-time untuk memberikan wawasan tentang bagaimana departemen penjualan berfungsi secara keseluruhan.
Untuk pemilik usaha kecil, menjalankan situs web mereka sendiri, perangkat lunak CMS (sistem manajemen konten) yang ramah SEO adalah suatu keharusan. CMS yang baik memungkinkan kita mengelola halaman dan posting situs web dengan mulus tanpa menulis kode apa pun, menjadikannya tambahan yang berharga untuk perangkat bisnis online apa pun.
CMS (Content management system)
Banyak singkatan yang dibuang di dunia pemasaran. SEO, CMS, KPI, CRM, SERP. CMS memungkinkan pengguna membuat, memodifikasi, dan mengelola situs web, dan konten di dalam situs web itu, tanpa perlu membuat kode secara manual. Perangkat lunak CMS secara drastis mengurangi waktu dan pengetahuan teknis yang diperlukan untuk membangun situs web yang solid, sehingga menjadi bagian penting dari peluncuran bisnis online.
Berikut adalah dua jenis program CMS: host dan self-host. Program yang di-host di-host di server perusahaan lain, dan pemeliharaan situs termasuk dalam biaya yang sudah dibayar untuk perangkat lunak. Program yang dihosting sendiri memiliki lebih banyak fleksibilitas, tetapi mungkin perlu bekerja sama dengan pengembang web untuk memaksimalkannya.
di bawah ini program CMS yang ramah SEO harus memiliki fitur berikut
- Customizable page elements
- URL settings
- Blogging tools
- Internal linking tools
- Taxonomy and tagging features
- 301 redirect capability
- Responsive themes
- SSL security certification
- Clear navigation menus
- XML sitemaps
- Analytics reporting
Platform CMS yang ramah SEO
WordPress
CMS hampir familiar pada kebanyak orang saat ini, WordPress lebih kompleks untuk digunakan tetapi memiliki alat SEO yang sangat bagus. Plugin seperti Yoast SEO menganalisis konten, tag, dan deskripsi meta untuk keterbacaan dan peringkat. Antarmuka juga membuatnya sangat mudah untuk menambahkan elemen multimedia seperti gambar dan video ke postingan. Berbagai macam plugin berarti dapat menyesuaikan WordPress hampir tanpa henti tergantung pada kebutuhan perusahaan.
Magento
Platform eCommerce open-source Adobe adalah opsi CMS lainnya yang memungkinkan pengguna mengelola semua elemen situs web mereka dari satu tempat. Magento hadir dalam dua versi — versi open source gratis dan opsi berbayar. Magento hadir dengan banyak fitur standar ramah SEO termasuk URL bersih tanpa banyak kode, file robots.txt untuk crawler untuk membaca situs, kemampuan penandaan, dan lain-lain.
Pentingnya Menggunakan Sales CRM
Sales CRM adalah suatu bagian yang sangat penting dalam bagian penjualan. Oleh karena itu, dengan menerapkan strategi CRM yang baik akan mendorong pula kinerja perusahaan. Adapun terdapat beberapa faktor mengapa penggunaan Sales CRM ini perlu dilakukan, pastinya faktor-faktor tersebut yang membuat terhambatnya perkembangan bisnis di perusahaan. Jika terhambatnya perkambangan bisnis akan menimbulkan tidak ada peningkatan dipenjualan dan juga menyebabkan kerugian. Faktor-faktor tersebut yaitu :
– Visibilitas data yang rendah.
– Kesulitan mencari data customer.
– Proses penjualan yang tidak teratur sehingga prioritas aktivitas penjualan menjadi kacau.
– Sulit menemukan pelanggan baru.
– Dll.
Namun dengan penggunaannya sales CRM tentunya akan lebih menguntungkan dan juga mempermudah perusahaan agar bisnisnya terhindar dari hambatan-hamabatan tersebut. Karena sales CRM akan membantu kita selama proses penjualan berlangsung. Ada beberapa alasan mengapa sales memerlukan CRM dalam penjualan produk atau layanan, diantaranya :
Mendukung Aktivitas Sales
Dalam perusahaan, tim bagian sales umumnya tak hanya bekerja menangani satu data customer saja melainkan mereka menangani banyak sekali data yang harus di follow up. Mulai dari aktivitas call, email yang dikirim, visit hingga geo location untuk menentukan titik di mana tim sales melakukan kunjungan. Aktivitas serta mobilitas tim sales yang tinggi ini tentunya harus didukung dengan sistem relationship manager yang baik. Pentingnya sistem sales CRM umumnya dilengkapi dengan contact management dan user interface yang mudah untuk dipahami dan digunakan. Dalam sistem ini apabila tim sales telah menginput data aktivitas sales, sales manager pun dapat memantau kinerja tim.
Pengaturan Jadwal Lebih Profesional
Platform CRM biasanya juga dilengkapi dengan contact management dan planning jadwal. Sehingga dengan menggunakan platform ini, seorang sales dapat lebih mudah untuk melakukan pekerjaannya dalam memanajerisasi pekerjaannya. Dengan customer relationship management platform membuat sales lebih mudah untuk menjadwalkan kapan mereka harus menelepon customer dengan feature task management. Fitur tersebut dapat sesuaikan dengan flow perusahaan, misal sales calls, email, maupun set up meeting via aplikasi meeting online yang dihubungkan dengan CRM.
Memberikan Kemudahan dalam Membuat Keputusan
Di tengah ketidakpastian ekonomi dan belum berakhirnya pandemi covid-19 yang melanda seperti saat ini, management perusahaan sebagai decision maker tentunya diharuskan untuk mampu mengambil keputusan yang efektif. Dengan sistem sales CRM ini perusahaan tak hanya mampu melakukan contact management, melainkan memungkinkan management perusahaan mengambil keputusan. Misal, sales dengan aktivitas dan penjualan yang rendah membuat decision maker mudah menentukan sales yang harus diperbaiki dari sisi skill.
Lebih Up to Date
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tim sales dalam suatu perusahaan biasanya memiliki mobilitas yang cukup tinggi, contohnya untuk mereka yang canvassing dan bertemu banyak client di luar area kerja. Tak jarang juga, area tersebut tidak dapat terjangkau seperti di luar kota ataupun luar negeri. Pentingnya sistem CRM berbasis mobile app memungkinkan sales representative untuk dapat update setiap aktivitas mereka di mana pun dan kapan pun.
Memudahkan Sales Memantau Progress Data Customer
Dalam perusahaan yang memiliki skala besar, tentunya juga memiliki jumlah customer yang banyak. Dalam mengolah data ini, tentunya diperlukan suatu sistem yang baik dan efisien sehingga data customer dapat terproses dengan baik. Dengan menggunakan fitur milestone dalam sistem sales CRM ini tentunya mempermudah tim sales untuk melakukan contact management. Karena pada dasarnya konsep dari CRM tak hanya mengelola data customer tapi juga mensortir contact yang perlu dimasukkan kedalam lead nurturing campaign. Sehingga pada akhirnya Ketika customer sudah siap untuk membeli produk maka customer pun tinggal menghubungi pihak sales.
Mengetahui Kebutuhan Customer
Modernisasi bisnis umumnya dilakukan dengan cara mengintegrasikan tim sales dengan tim marketing. Dengan menggunakan sistem sales CRM yang terintegrasi dengan bagian management perusahaan membuat tim sales lebih memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Selanjutnya setelah tim sales melakukan follow up kebutuhan konsumen tim sales pun bisa memberikan hasil follow up nya ke tim marketing untuk dilakukan lead nurturing melalui tools sales automation.
Mengurangi Tugas Administrasi
Seorang sales representative atau tim bagian sales sebuah perusahaan tentunya harus memfollow up konsumen secara teratur dan terjadwal. Dengan menggunakan aplikasi CRM tentunya hal hal terkait administrasi dapat dilakukan dengan mudah. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan Sales CRM platform dengan sistem administrasi lainnya seperti Whatsapp ataupun email dimana hal ini membuat follow up konsumen lebih tersentralisasi dan tentunya terlihat lebih professional.
Selain itu, penggunaan salem CRM dapat memberikan penyajian data yang lebih akurat seperti data sales forecast, hingga data-data penting seperti dokumen-dokumen yang harus dipenuhi oleh konsumen. Dengan adanya hal ini tentunya akan mempermudah business process yang cukup kompleks sehingga pada akhirnya mampu mengurangi tugas administrasi tim sales.
Mengurangi Biaya Operasional
Dalam suatu perusahaan, penggunaan biaya operasional tentunya tidak dapat dihindari. Dan biaya operasional yang besar atau overhead tentunya dapat mengurangi tingkat profitabilitas perusahaan tersebut. Pentingnya sistem sales CRM ini, hal hal terkait biaya operasional penjualan dapat lebih di tekan. Adanya CRM tools membuat sales team lebih efisien dan efektif dalam mengelola data pelanggan maupun data calon pelanggan. Selain kemudahan dari sisi operasional perusahaan, walaupun penggunaan sales CRM tergolong masih mahal namun dapat mendorong pekerjaan semakin efisien. Oleh karena itu, sales CRM dapat menjadi sebuah investasi bagi perusahaan yang dapat digunakan secara berkelanjutan dan mampu mendorong peningkatan profitabilitas perusahaan. Dengan semakin banyaknya layanan CRM tool yang mampu diintegrasikan dengan tools lain tentunya hal ini juga dapat memberikan improve customer satisfaction.
Memudahkan Customisasi Sesuai Kebutuhan
Dibalik ketidakpastian ekonomi yang ada sekarang, tentunya menjadi tantangan sebuah perusahaan untuk bisa mengatur strategi operasional yang baik. Hal ini juga mengungkinkan terjadinya perubahan business process yang dijalankan oleh perusahaan demi menyesuaikan trend pasar yang ada. Oleh karenanya kemudahan customisasi sesuai kebutuhan adalah salah satu alas an kenapa sales CRM itu penting untuk digunakan.
Close Rate yang Tinggi
Untuk perusahaan yang berskala besar, memantau kinerja sales management tanpa adanya tools tentunya mejadi kesulitan tersendiri. Hal ini menjadi salah alasan kenapa penggunaan sales CRM penting. Karena dengan penggunaan sales CRM yang baik, tentunya akan mampu meningkatkan close rate. Dengan hal ini memungkinkan tim sales untuk memantau progress follow up leads dan sales lainnya, dan melakukan task lain seperti mengirimkan email melalui platform lainnya yang terkoneksi CRM, hingga menentukan forecast penjualan untuk memantau seberapa besar kemungkinan closing penjualan di masa yang akan mendatamg.
Tentunya selama bisnis berjalan akan sangat banyak competitor yang berlomba-lomba ingin menjadi yang terbaik untuk menunjukan kelebihan yang mereka punya agar dapat menarik perhatian para pelanggan. Hal tersebut tidak dapat dihindari oleh para pembisnis, karena ketika seorang pembisnis tidak memiliki cara untuk menunjukan kelebihannya dalam menarik pelanggan, maka bisnis yang dijalankan tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Oleh karena itu Sales CRM memiliki peran penting untuk dapat digunakan dalam keperluan bisnis kita. Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan didapat jika sudah menggunakan CRM. Selain menggunakan CRM yang baik, kita juga perlu meriset CRM yang terpercaya dan aman. Semua pilihan tergantung sesuai dengan keperluan bisnis yang diinginkan agar hasilnya juga memuaskan.